JANGAN BENARKAN YANG BIASA tapi BIASAKAN YANG BENAR WIRA YUDHA WIDHAYAKA

Kamis, 20 Januari 2011

SEJARAH BERDIRINYA BATALYON PROVOS-2 MARINIR


MAKNA LAMBANG BENDERA PERANG :
1)            Warna dasar hijau artinya sebagai pelindung/pembela kebenaran.
2)           Putih bersinar melambangkan keberanian semangat pantang menyerah serta kedewasaan dalam bertindak.
3)            Buldog melambangkan kesetiaan dan kewaspadaan
4)            Jangkar melambangkan identitas prajurit marinir sebagai pasukan pendarat

MOTTO : WIBAWA TANGGUH PERKASA

WIBAWA       : Tegas, lugas dan profesional dalam melaksanakan semua tugas yang diemban.
TANGGUH    : Mempunyai jiwa, mental dan fisik yang kuat.
PERKASA    : Bertanggung jawab terhadap semua tugas yang diemban serta tidak mengenal menyerah.  

MAKNA KESELURUHAN :
Sebagai pasukan pendarat Batalyon Provos 2 Korps Marinir siap mengemban tugas dalam setiap operasi dengan dilandasi dengan Tegas lugas dan profesionalisme dilandasi kewibawaan yang tinggi, serta bertanggung jawab tanpa pamrih dan tanpa mengenal menyerah.    
Dengan di bentuknya Pasmar II sebagai Komando utama Korps Marinir yang membawahi beberapa satuan setingkat Resimen ataupun Brigade yang termasuk Menbanpur-2 Mar yang didalamnya terdapat 6 satuan pelaksana salah satunya adalah Batalyon Provos 2 Marinir. Hal itu di dasarkan pada Surat Panglima TNI Nomor B/300-08/01/Sru tanggal 29 Januari 2004 yang ditindak lanjuti dengan Surat Keputusan Kasal No. Skep/03/II/2004 tentang likuidasi Brigmar – BS, pembentukan Pasmar II dan Brigif-3 Mar serta Yonif-8 Mar. Batalyon Provos Korps Marinir didirikan berdasarkan surat Keputusan Komandan Korps Marinir No Skep /19/III/1985 tanggal 11 Maret 1985 tentang organisasi dan Prosedur Korps Marinir Korps Marinir. Selanjutnya berdasarkan keputusan Komandan Korps Marinir no.Skep/136/III/1994 tanggal 25 Maret 1994 tentang perubahan penyebutan Satprovmar menjadi Batalyon Provos Korps Marinir. Dan terakhir sesuai dengan Surat Keputusan Komandan Korps Marinir No Skep / 227 / III / 2004 tanggal 12 Maret 2004 sebutan Batalyon ini berubah menjadi Batalyon Provos-1 Marinir di Surabaya dan Batalyon Provos-2 Marinir berkedudukan di Jakarta.
Batalyon Provos Korps Marinir merupakan salah satu satuan pelaksana di lingkungan Resimen Bantuan Tempur Pasmar. Yang mempunyai tugas Pokok Membina dan menyiapkan kekuatan serta membina kemampuan Unsur Provos guna pelaksanaan tugas bantuan Provos dalam rangka pelaksanaan Operasi Amfibi, oleh satuan TNI AL dan atau Operasi Hankam lainnya.Provos merupakan pembantu pimpinan atau satuan dalam rangka menyelenggarakan penegakkan hukum, ketertiban dan disiplin. Disamping itu, Provos juga merupakan satuan pembantu Ankum dalam rangka penyelidikan perkara terhadap personel yang melakukan tindak pidana yang terjadi di dalam Markas, satuan dan Kesatrian.        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar